Mengenal Diversifikasi Portofolio dan Jenisnya

AMPMORI.comMengenal diversifikasi portofolio dan jenisnya. Apakah Anda sudah mulai berinvestasi? Namun, berinvestasi sangat penting jika Anda ingin aset Anda benar-benar bisa berkembang tanpa tergerus inflasi. Untuk mencapai tujuan ini, portofolio investasi Anda sangat penting.

Portofolio investasi yang baik tidak memasukkan semua uang Anda ke dalam satu instrumen atau jenis investasi. Portofolio investasi yang baik adalah portofolio yang terdiversifikasi dalam produk dan produk.

Sayangnya, tidak seluruh orang menguasai pentingnya diversifikasi portofolio investasi. Tidak semua orang tahu bagaimana melakukan makna dan bagaimana melakukan diversifikasi dengan bijak.

Jangan menjadi salah satu investor terbaik yang tidak memahami diversifikasi portofolio investasi Anda. Memahami definisi urgensi desentralisasi sangat penting bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia investasi.

Belajar Mendiversifikasi Portofolio Investasi

Definisi diversifikasi portofolio investasi sebenarnya cukup mudah. Ini berarti semudah mendistribusikan kumpulan dana untuk diinvestasikan.

Spread ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk investasi tidak bangkrut karena kerugian jika terjadi risiko. Bahkan mendiversifikasi investasi Anda dapat memaksimalkan kemungkinan pengembalian Anda.

Secara umum, ketika mendiversifikasi portofolio Anda, pertama-tama Anda harus melihat sejumlah produk investasi yang Anda yakini dapat memberikan nilai tambah yang memuaskan. Kebanyakan orang akan memilih karakteristik investasi yang berbeda untuk diversifikasi.

Sifat masalah menyebabkan banyak hal. Namun secara umum, yang paling Anda lihat adalah likuiditas. Dana jangka panjang dapat diinvestasikan dalam investasi dengan likuiditas rendah seperti saham, reksa dana, dan obligasi.

Kemudian, untuk tujuan jangka pendek, alokasi dana dapat disalurkan ke sarana investasi yang sifatnya sangat likuid, seperti logam mulia atau deposito.

Selain likuiditas, diversifikasi portofolio investasi seringkali tersebar di beberapa instrumen dengan profil risiko yang berbeda. Ada konsep yang disebut high return high risk. Saat memilih investasi dengan potensi keuntungan yang tinggi, Anda juga harus mempertimbangkan risiko kerugian yang besar.

Namun, Anda juga dapat meminimalkan nilai kerugian Anda dengan mendiversifikasi sebagian dana Anda ke instrumen berisiko rendah. Selain itu, peluang pendapatannya kecil tapi tetap ada.

Contoh investasi dengan potensi pengembalian tinggi dan risiko tinggi adalah saham. Di bagian lain, contoh investasi dengan resiko kecil serta potensi profit terbatas merupakan deposito ataupun obligasi. Jika Anda menginginkan risiko yang tidak terlalu tinggi, tetapi mengharapkan keuntungan yang cukup besar; Anda bisa memilih reksa dana.

Jenis Diversifikasi Investasi

Untuk diversifikasi, Anda dapat memilih 2 jenis. Jenis pertama adalah jenis diversifikasi vertikal portofolio investasi. Pilihan lainnya adalah mendiversifikasi portofolio investasi Anda secara horizontal.

1. Diversifikasi Vertikal

Jenis diversifikasi investasi yang pertama adalah diversifikasi vertikal. Ini adalah seni mendistribusikan portofolio investasi dalam produk yang sama. Contohnya adalah investasi jenis saham.

Setiap emiten suatu saham memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Anda dapat mendiversifikasi alokasi dana Anda untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Anda dapat menempatkan sebagian dana Anda pada jenis saham yang tergolong aman dan berjangka panjang serta menawarkan dividen. Beberapa dana lain mungkin ditempatkan dalam jenis saham berisiko tinggi tetapi mudah berubah yang dapat memberikan pengembalian besar.

2. Diversifikasi Horisontal

Ini adalah model terdesentralisasi yang membagi penempatan dana di berbagai jenis instrumen dengan tingkat risiko, likuiditas, dan potensi keuntungan yang berbeda.

Dengan dana yang tersebar di berbagai model produk investasi, Anda dapat menentukan produk mana yang terbaik untuk tujuan keuangan Anda.

Anda juga dapat membedakan jenis alat yang akan digunakan untuk tujuan jangka menengah Anda dan alat mana yang akan digunakan untuk tujuan jangka panjang Anda.

Untuk pembahasan tentang Investasi, kamu bisa baca lebih lanjut disini : ampmori.com

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.