4 Tantangan dalam Bisnis Franchise yang Harus di Waspadai

AMPMORI.comTantangan dalam bisnis franchise yang harus di waspadai. Bisnis Franchise atau disebut juga dengan Bisnis Waralaba adalah suatu metode bisnis dengan menggunakan merek dagang yang sudah ada.

Ini berarti Anda sudah dapat menjual produk dan sumber daya lainnya. Terlihat simpel dan praktis bukan? Makanya banyak orang tertarik dengan bisnis ini.

Tapi, setiap bisnis memiliki tantangannya masing-masing, termasuk bisnis franchise. Karena dikenal mudah, banyak orang cenderung melewatkan tantangan.

Memang, masalah apa yang bisa muncul dalam bisnis franchise? Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa daftar di bawah ini.

1. Sulit untuk Memilih Brand yang Tepat

Sepanjang jalan, Anda akan menemukan berbagai jenis bisnis franchise, mulai dari kedai kopi hingga kedai makanan ringan. Adalah hal yang baik bahwa merek bisnis franchise beragam.

Namun di sisi lain, bisa membingungkan bagi mereka yang ingin bisnis franchise milik merek tertentu. Ini merupakan salah satu tantangan bisnis franchise yang biasa dihadapi.

Baca Juga :  Investasi Tanpa Modal atau Modal Kecil untuk Pemula

Jangan mudah terkecoh dengan nama-nama besar brand. Lebih penting lagi, teliti perusahaan franchise yang Anda kejar.

Sebagai calon manajer franchise atau orang yang membeli lisensi franchise (franchise), Anda harus memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki rekam jejak yang positif dalam hal reputasi, tata kelola, dan legitimasi untuk hubungannya dengan franchise hingga saat ini.

Kabar bagusnya, cara ini bisa dicoba dengan bantuan organisasi pendukung semacam Asosiasi Franchise Indonesia( AFI) ataupun Franchise serta Lisensi Indonesia( WALI).

2. Banyak Kompetitor

Merek dalam bisnis franchise sangat kompetitif, mengingat variasinya yang banyak. Hanya satu bidang bisnis franchise yang perlu ada di beberapa merek.

Salah satu contohnya adalah kedai es kopi susu yang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Nah, sebagai franchisee, apa yang bisa kamu lakukan untuk menjawab tantangan bisnis franchise yang satu ini?

Kualitas produk dan layanan merupakan faktor utama yang patut mendapat perhatian. Harus dipastikan franchise yang Anda pilih menggunakan produk yang berkualitas baik serta memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen. Anda dapat mengetahuinya dengan mempelajari kinerja perusahaan franchise.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Produktivitas Bisnis Ritel Hingga Sukses

Bila Kamu telah percaya dengan perusahaan franchise mana yang hendak dikelola, janganlah lupa buat memikirkan pemasaran.

Misalnya, meskipun Anda sudah memiliki akun media sosial di perusahaan franchise pusat Anda, seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda membuat akun media sosial sendiri untuk bisnis franchise cabang yang Anda kelola. Ini memungkinkan Anda untuk membuat konten promosi yang lebih spesifik dan bertarget.

3. Harus Mengikuti Instruksi dari Franchisor

Sekali lagi, perlu diingat bahwa pewaralaba hanya membeli lisensi franchise dari pemiliknya atau pemberi franchise. Ketentuan kontrak antara franchisor dan franchisor sebenarnya berbeda untuk setiap merek.

Namun, franchisor umumnya harus mengikuti instruksi franchisor. Dengan kata lain, Anda tidak memiliki kekuatan dan kebebasan untuk “merusak” bisnis franchise Anda.

Jika dalam perjalanannya, franchisor ingin mengubah model bisnis atau memiliki ide khusus untuk mengembangkan bisnis, franchisor juga harus mengikuti instruksinya.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengungkapkan pendapat. Di sini lagi-lagi tantangan muncul. Jika Anda yakin bahwa ide Anda dapat membantu mengembangkan bisnis franchise Anda, maka Anda perlu memikirkan cara membujuk penerima franchise.

Baca Juga :  Cara Beriklan di Facebook Ads untuk Pebisnis Pemula

4. Butuh Banyak Modal

Kesiapan menjalankan bisnis franchise juga harus didukung dengan ketersediaan modal. Untuk membeli lisensi atau hak menjual produk franchise, Anda perlu menyiapkan modal yang banyak.

Sebenarnya hal ini tergantung dari besar kecilnya bisnis franchise yang ingin Anda beli. Semakin besar dan semakin populer franchise, biasanya semakin banyak modal yang dibutuhkan.

Sebenarnya franchise itu membutuhkan modal yang besar, tapi jangan pesimis. Bisnis franchise modal rendah masih ada. Cari tahu lebih lanjut di sini!

Seperti jenis bisnis lainnya, bisnis franchise memiliki tantangannya sendiri. Dengan mempelajari berbagai tantangan dalam bisnis franchise, saya berharap Anda akan memperhatikan ini dan mengambil langkah proaktif untuk mengatasinya.

Saya ingin bisnis franchise yang Anda kelola memberikan keuntungan maksimal!

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *