Memahami Cara Menulis Laporan Keuangan dan Pentingnya untuk Bisnis

AMPMORI.comMemahami cara menulis laporan keuangan dan pentingnya untuk bisnis . Setiap bisnis pasti memiliki jenis transaksi yang berbeda, baik pemasukan maupun pengeluaran. Setiap transaksi ini harus dicatat dan dikumpulkan dalam laporan keuangan.

Ini berisi informasi keuangan yang dapat memberi Anda gambaran tentang kinerja bisnis, dan laporan keuangan juga penting bagi bisnis Anda. Untuk itulah Anda perlu memahami cara menulis laporan keuangan yang baik.

Selain memberikan gambaran tentang keadaan bisnis, pentingnya laporan keuangan juga berfungsi sebagai manajemen biaya. Jumlah yang dicatat dalam laporan keuangan membantu menentukan beban untuk periode berikutnya.

Laporan keuangan penting karena dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis Anda. Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dengan melihat pengalaman-pengalaman yang sudah ada.

Jadi, bagaimana Anda menulis laporan keuangan yang baik untuk bisnis Anda? Langkah-langkah yang berlaku adalah:

Kumpulkan Semua Transaksi dan Catat dalam Jurnal

Langkah pertama adalah mengumpulkan semua jenis transaksi: jual, beli, tukar, sewa, dll. Bukti transaksi juga sangat penting dan harus disimpan dalam bentuk nota, kuitansi, faktur, atau jenis lainnya. Bukti transaksi sangat berguna untuk dasar pencatatan laporan keuangan.

Kemudian catat semua transaksi yang dilakukan perusahaan Anda dalam jurnal Anda. Buatlah catatan yang detail dan pastikan tidak ada transaksi yang tertinggal. Hal ini dapat mempengaruhi keseluruhan laporan keuangan.

Pemindahbukuan dari Jurnal ke Buku Besar

Setelah membuat jurnal, cara penyusunan laporan keuangan selanjutnya adalah dengan memindahkannya ke buku besar. Buku besar adalah riwayat dari setiap akun yang ada. Buku besar menampilkan riwayat transaksi yang dapat digunakan untuk mencocokkan rekening tabungan atau bisnis. Nantinya buku besar ini menjadi sumber data yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan.

Buat Neraca Saldo

Neraca saldo adalah nama akun atau daftar akun yang dicatat dalam buku besar bersama dengan saldo debet atau kredit. Jumlah saldo yang ada di kolom debit dan kredit harus sama.

Baca Juga :  5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

Fungsi neraca saldo ialah buat memeriksa kesamaan antara jumlah kredit serta debit di tiap akun dalam buku besar. Neraca saldo juga dapat membantu menemukan kesalahan dalam entri jurnal akuntansi dan entri buku besar.

Neraca saldo ini merupakan dasar penyusunan laporan keuangan yang perlu diseimbangkan debet dan kredit.

Menyusun Jurnal Penyesuaian

Cara penyusunan laporan keuangan selanjutnya adalah dengan membuat jurnal rekonsiliasi. Jika terdapat transaksi yang tidak tercatat atau transaksi yang baru saja dilakukan pada tahap terakhir pembuatan laporan, maka dapat dimasukkan ke dalam jurnal rekonsiliasi.

Kemampuan untuk merekonsiliasi item adalah untuk memastikan dasar akuntansi yang sebenarnya. Penting juga untuk menyesuaikan entri untuk menyesuaikan nilai pada neraca saldo.

Kembali Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Setelah membuat item-item rekonsiliasi, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat neraca saldo setelah rekonsiliasi. Neraca saldo setelah disesuaikan berfungsi sebagai perkiraan bahwa neraca saldo tidak akan terpengaruh oleh item rekonsiliasi.

Baca Juga :  Cara UMKM dapat Bertahan di Masa Resesi Ekonomi

Setelah penyesuaian, masukkan hasil perhitungan pada kolom neraca saldo. Cek saldo dengan menjumlahkan saldo pada kolom Kredit dan Debit.

Susun Laporan Keuangan dengan Rapi

Cara terakhir untuk menyiapkan laporan keuangan adalah dengan mempersiapkannya. Setelah penyesuaian, laporan neraca saldo harus disusun dengan rapi. Masukkan laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas serta laporan yang lain.

Menata dengan rapi sesuai dengan peraturan dan standar laporan keuangan. Jumlah transaksi yang dilaporkan dalam neraca saldo setelah penyesuaian harus dikelompokkan menurut kategori.

Setelah Anda mengetahui pentingnya menulis laporan keuangan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempraktikkannya pada laporan keuangan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *