Beberapa Istilah dalam Dunia Kerja Profesional

AMPMORI.comBeberapa istilah dalam dunia kerja profesional yang harus kamu ketahui. Apakah kamu tahu? Berbagai istilah yang ada dalam dunia kerja,

Apa Saja Istilah dalam Dunia Kerja?

Mengetahui istilah-istilah ini dapat memfasilitasi komunikasi, karier, dan masa depan Anda. Sebenarnya, adakah istilah-istilah yang perlu kita ketahui dalam dunia profesional? Berikut adalah beberapa istilah dalam dunia kerja.

Full Time, Part Time, Freelancer

Pekerja full time adalah pegawai tetap yang bekerja 7-8 jam per hari atau 35-40 jam per minggu menurut peraturan pemerintah dan menerima upah penuh setiap bulan.

Tergantung pada peraturan perusahaan atau kontrak kerja, jam kerja dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Pekerja part time bekerja 7-8 jam per hari, 30-35 jam per minggu dan menerima kurang dari full time. Pekerjaan paruh waktu ini biasanya shift, fleksibel, sementara atau dalam jangka waktu tertentu.

Ketika Anda menjadi freelancer, jangan lupa untuk mengelola NPWP Anda. Sekarang Anda bisa melakukannya secara online!

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan dan memiliki keterampilan dan keterampilan khusus yang biasanya diperlukan untuk sebuah proyek tanpa kontrak jangka panjang.

Pekerjaan freelance ini juga bisa dilakukan dimana saja, biasanya dengan kesepakatan perusahaan. Menjadi seorang freelancer membutuhkan pengalaman, keterampilan khusus dan hubungan yang luas.

Key Performance Indicators dan Objective Key Result

Key performance indicator (KPI) berisi indikator kerja yang dapat diukur untuk menentukan apakah tujuan kerja tercapai. KPI ini digunakan sebagai data untuk mengevaluasi kinerja individu atau tim.

KPI juga dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan suatu perusahaan dalam memenuhi tujuan dan sasarannya.

Objective Key Results (OKR) berisi indikator kerja yang lebih spesifik untuk mengukur pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Biasanya, OKR ini diberikan di tingkat perusahaan, tim atau individu dalam bentuk angka atau jumlah patokan.

Fee/Salary

Fee atau gaji adalah uang dan barang berharga yang diterima oleh tenaga ahli sesuai jangka waktu yang disepakati dengan perusahaan. Di sisi lain, gaji atau gaji adalah uang yang diterima karyawan setiap bulan berdasarkan kontrak kerja dengan perusahaan.

Overtime

Lembur atau lembur adalah jam kerja yang melebihi batas waktu kerja. Lembur ini biasanya dilakukan karena Anda harus mengejar tujuan pekerjaan atau atasan Anda meminta Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lain.

Management Trainee

Management Trainee (MT) adalah proses perekrutan dan pelatihan calon karyawan baru untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Orang-orang yang mengikuti program MT dilatih dalam keterampilan, pengetahuan, dan hal-hal lain yang diperlukan untuk bekerja secara optimal dalam posisi tertentu dan kemudian dievaluasi untuk promosi ke tingkat manajemen. Nama perekrutan MT bervariasi dari perusahaan ke perusahaan,

Probation

Probation atau masa percobaan adalah evaluasi yang disepakati atas kinerja karyawan baru. Masa percobaan ini merupakan tahap pengambilan keputusan yang menentukan keberlangsungan kontrak kerja. Biasanya, masa percobaan ini berlangsung dari 1 hingga 6 bulan.

MoM, MoU dan SOP

Minutes of Meeting (MoM) adalah catatan atau ringkasan hasil meeting. Hal ini untuk memastikan bahwa karyawan terbiasa dengan pertemuan tersebut dan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Memorandum of Understanding (MOU) adalah surat perjanjian kerjasama antara perusahaan dengan pihak partner yang akan mengadakan kontrak kerjasama.

Standard Operating Procedures (SOP) adalah aturan atau prosedur tertulis yang harus diikuti karyawan saat bekerja. SOP yang berlaku berbeda-beda di setiap perusahaan.

Nah, itulah beberapa istilah dalam dunia kerja profesional yang perlu Anda ketahui. Istilah apa yang Anda kenal sejauh ini?

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.