Pengertian Komputer, Fungsi, Komponen serta Sejarah dan Perkembangannya

AMPMORI.comPengertian komputer, fungsi, komponen serta sejarah dan perkembangannya, komputer berasal dari kata “Computer” yang artinya menghitung.

Dalam bahasa komputer, itu didefinisikan selaku alat yang melaksanakan cara perhitungan aritmatika.

Dengan cara biasa, komputer didefinisikan selaku seperangkat fitur elektronik yang menghubungkan bagian- bagian buat menghasilkan informasi yang sudah diproses sebelumnya.

Sebuah komputer terdiri dari tiga elemen: prosesor, hard disk, RAM, CPU, dan perangkat keras (hardware). Perangkat lunak seperti aplikasi (software) dan sistem operasi yang beroperasi di bawah perintah dari Brainware (pengguna).

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

  • Komputer merupakan perangkat elektronik yang bertugas dengan cara sistematis serta cermat buat memproses bermacam tipe data. semacam data numerik, suara serta gambar (KBBI).
  • Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat mengambil input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan instruksi dan hasil pengolahan, memberikan output berupa informasi, dan lain-lain. (Robert H.Blissmer).
  • Komputer merupakan mesin komputasi elektronik yang cepat, yang bisa mengambil informasi input digital, memprosesnya cocok dengan program yang tersimpan di memori, serta menghasilkan output berupa informasi.( V. C Haemaher).

Kesimpulan

Pengertian Komputer yaitu suatu alat elektronik yang menerima masukan data, mengolah data, serta memberikan keluaran berupa informasi berupa gambar, teks, suara, dan video.

Fungsi Komputer

Pada prinsipnya, komputer memiliki empat fungsi dasar:

  • Pengolahan data (Data Processing)
  • Penyimpanan data (Data Storage)
  • Perpindahan data (Data Movement)
  • Pengendalian (Control)

1. Data Processing

Komputer dipakai buat mengolah data alhasil bisa menghasilkan keluaran berbentuk informasi. Data yang diolah umumnya berbentuk dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar serta grafik.

2. Data Storage

Komputer berfungsi untuk melindungi dan menggunakan kembali data. Komputer bisa melakukan fungsi penyimpanan serta pengambilan data.

Misalnya, Ny. Anda dapat menyimpan (menyimpan) data ke hard drive Anda, dan Anda juga dapat mengambil (membuka) data.

3. Data Movement

Komputer juga dapat mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain atau ke perangkat output lainnya.

4. Control

Komponen Komputer

Komputer terdiri dari seperangkat komponen yang dikelompokkan menjadi tiga jenis perangkat. Yaitu, unit input, unit pengolah, dan unit belanja.

1. Komponen INPUT

Komponen input adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai pintu masuk kerja untuk disajikan ke komputer. Contohnya adalah:

  • Keyboard : Keyboard adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan input berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Keyboard memiliki huruf A-Z, angka 0-9, dan perintah lainnya.
  • Mouse : Kontak antara pengguna atau pengguna dengan layar monitor. Selama operasi, mouse diperlihatkan selaku penunjuk pada layar monitor.
  • Trackpad : Ini berfungsi seperti mouse, tetapi hanya terlihat berbeda.
  • Pen : Itu hanya ada ketika layar yang Anda gunakan adalah layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk mengeluarkan perintah, cukup ketuk ujung pena di layar.
  • Mikrofon: Komponen yang memberikan masukan berupa suara.
  • Scanner : Untuk memindai gambar ke file digital untuk input ke dalam sistem komputer:

2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang memiliki kemampuan untuk memproses perintah yang diberikan pengguna dan menampilkannya dalam komponen keluaran.

  • Prosesor : Komponen utama untuk pemrosesan data
  • Motherboard : Semua komponen adalah komponen terkait. Semacam hubungan antara komponen INPUT, PROCESS, serta OUTPUT.
  • Harddisk : Menyimpan semua interpretasi yang diperlukan pada komputer permanen. Sistem operasi komputer favorit Anda.
  • Memori (RAM) : Menyimpan sementara semua aktivitas komputer.

3. Komponen Output

Komponen yang berfungsi selaku alat buat menampilkan informasi dari perintah yang diproses sebelumnya.

  • Monitor : Component menampilkan proses yang berjalan di komputer Anda.
  • Printer : Untuk mencetak data sebagai hard copy.
  • Speaker : Memberikan output dalam format audio kepada pengguna.

Sejarah Komputer

Sejarah komputer erat kaitannya dengan perhitungan aritmatika. Jadi, pada zaman dahulu, fungsi komputer adalah sebagai alat perhitungan manusia.

Matematikawan Inggris Charles Babbage adalah orang pertama di dunia yang mengembangkan perangkat komputasi mekanis, atau komputer, yang berani menulis surat kepada para ahli Kerajaan Inggris.

Dia mengungkapkan ide ini secara eksplisit dalam sebuah surat berjudul Catatan tentang Penggunaan Mesin dalam Perhitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Dia menulis surat itu pada 14 Juni 1822.

Ide Charles diilhami oleh masalah bahwa orang-orang pada saat itu sering membuat kesalahan aritmatika bahkan ketika menggunakan tabel matematika. Oleh sebab itu ia mau mengembangkan mesin hitung mekanis, termotivasi dari Wilhelm Schickard, Blaise Pascal serta Gottfried Leibniz.

Belum selesai karena Charles melanjutkan pekerjaannya mengembangkan mesin komputer yang bisa diprogram oleh manusia. Kemudian mesin melanjutkan putranya. Bagian dari mesin diferensial yang dirakit oleh putranya sekarang dapat dilihat di Science Museum di London.

Selain anaknya yang membantu merakitnya, berbagai pihak mengembangkan idenya hingga menjadi komputer canggih yang kita kenal sekarang.

Pengembangan Komputer

Kemajuan komputer dibagi menjadi lima kekuatan. Setiap kelompok kelas ditentukan oleh komponen utama komputer. Setiap kelompok generasi menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih sederhana, lebih murah dan lebih tahan lama.

Karena dibarengi dengan penemuan komponen elektronika baru yang membuat komputer menjadi lebih kecil.

Komputer saat ini bisa memproses gambar, suara, teks, serta wujud data non- numerik lainnya. Apa yang diperhitungkan di komputer adalah bentuk lain dari perhitungan numerik dasar dari apa pun yang memproses gambar, suara, teks, dll.

Di sisi lain, hanya angka 1 dan angka 0 yang diproses oleh mesin komputer. Angka- angka ini membuat kombinasi kode (biner) yang menggantikan listrik aktif serta tidak aktif. Ayo kita ikuti penjelasan di bawah ini buat melihat gimana komputer bertumbuh dari waktu ke waktu.

Komputer Angkatan Pertama

Batch komputer pertama dikembangkan antara tahun 1940 dan 1959. Penyebaran komputer pertama disebut ENIAC.

Electronic Numerical Integrator and Computer, dikembangkan oleh Angkatan Darat AS buat tujuan menghitung tabel peresmian senjata buat Laboratorium Persenjataan.

ENIAC didesain serta dikembangkan oleh 2 profesor di University of Pennsylvania, AS. Ialah, profesor. John Presper Eckert serta John W. Mauchly. Setelah itu, mesin itu dirilis pada 15 Februari 1946.

ENIAC memakai 17. 468 tabung vakum, 7. 200 dioda kristal, 1. 500 pemancar, 70. 000 resistor, 10. 000 kapasitor, serta sekitar 5 juta sambungan solder tangan.

Tabung vakum menghasilkan panas yang berlebihan, mengurangi efisiensi dan efisiensi. Bisakah Anda bayangkan betapa panasnya di dekat ENIAC? Selain itu, konsumsi daya yang sangat besar diperlukan untuk pengoperasiannya.

Beratnya 27 ton dan berukuran 2,4m x 0,9m x 30m. Luas ruangan yang digunakan ENIAC sekitar 167 m2 dan daya yang digunakan 160 kW. Bukankah itu sangat besar? Bandingkan dengan komputer dan laptop populer saat ini.

Tentu saja, skalanya sangat jauh. Pada saat itu, kemampuan ENIAC terbatas pada pemecahan satu masalah pada satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya dapat dipahami oleh komputer.

Buat lubang di kartu (kartu berlubang) di pita kertas dan masukkan. Hasilnya adalah cetakan.

Komputer Angkatan Kedua

Kelompok generasi kedua dikembangkan dari tahun 1959 hingga 1965. Pada saat itu, transistor muncul untuk menggantikan komponen tabung vakum di komputer batch pertama.

Transistor adalah perangkat semikonduktor yang bertindak sebagai konektor dan pemutus sirkuit.

Transistor lebih kecil dari tabung vakum dan menghasilkan lebih sedikit panas. Dengan demikian, transistor dapat membuat komputer lebih kecil dari sebelumnya.

Bahasa pemrograman era ini semakin berkembang. Bahasa mesin, dari kartu berlubang hingga bahasa isyarat. Pemrogram dapat memberikan instruksi dengan kata-kata, bukan simbol dengan titik-titik hitam.

Bahasa pemrograman yang disaat itu berkembang merupakan” Common Business- Oriented Translator”( CBOL) serta” Formula Translator” ataupun FORTRAN.

Perubahan ini membuat komputer bekerja jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Komputer Angkatan Ketiga

Komputer generasi ketiga terjadi antara tahun 1965 dan 1971. Hal ini ditandai dengan penemuan dan penggunaan sirkuit terpadu (IC) sebagai pengganti transistor oleh seorang insinyur listrik Texas bernama Jack Kilby.

Pada saat ini, transistor dikembangkan serta dibuat lebih kecil alhasil bisa dipasang bersama dengan komponen IC yang lain.

Jadi satu IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor dan resistor. Penemuan Jack membuat komputer berjalan lebih efisien dan lebih cepat daripada penggunaan komputer sebelumnya. Juga sistem operasi mulai ditemukan dan dikembangkan pada saat itu.

Hal ini memungkinkan komputer untuk melakukan beberapa tugas pada waktu yang sama. Pada saat itu, komputer juga merupakan komputer pertama yang berkomunikasi dengan perangkat keras lain seperti keyboard.

Contoh komputer generasi ketiga termasuk IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.

Komputer Angkatan Keempat

Inovasi selanjutnya setelah ditemukannya IC adalah adanya integrasi skala besar atau produk LSI. Jadi, LSI adalah kombinasi atau integrasi dari ribuan IC dalam satu chip, yang disebut chip.

Mengompresi ribuan IC ke dalam CHIP membuat komputer lebih kecil dan lebih umum digunakan oleh masyarakat umum. Perkembangan masalah bisnis serta di bidang pendidikan.

Perkembangan komputer generasi ke-4 tidak lepas dari Intel. Karena itu adalah perusahaan yang menciptakan CHIP pertama, diluncurkan pada tahun 1971. Ini pernah menjadi tahap awal dalam pengembangan mesin komputer berukuran ruangan.

Kelompok generasi pengguna komputer mulai berkembang secara luas. Masyarakat umum, juga kalangan elit dan pengusaha, sudah memiliki banyak komputer.

Hangga akhirnya muncul sebagai jaringan komputer untuk kelompok bisnis, yang awalnya ditujukan untuk mempercepat pertukaran informasi antar kelompok bisnis. Jadi Internet lahir.

Perkembangan besar lainnya yang ditemukan dalam kelompok generasi ini adalah munculnya komputer portabel atau laptop yang dapat Anda bawa ke mana pun Anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer kini menjadi produk komputer generasi keempat.

Komputer Angkatan Kelima

Komputer batch kelima adalah komputer dengan teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini terus diteliti dan dikembangkan.

Jepang adalah negara yang paling antusias dengan penelitian dan pemikiran tentang kecerdasan buatan. Mereka juga memiliki laboratorium dan laboratorium khusus untuk membangun komputer batch kelima.

Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh kelompok komputer generasi kelima adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia melalui input visual, menanggapi kata-kata yang kita ucapkan, dan beradaptasi dengan kondisi sekitar.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.