Pengertian Internet, Manfaat dan Dampaknya yang Harus Kamu Pahami Sebagai Pengguna Cerdas

Pengertian Internet, Manfaat dan Dampaknya yang Harus Kamu Pahami Sebagai Pengguna Cerdas

AMPMORI.comPengertian internet, manfaat dan dampaknya yang harus kamu pahami sebagai pengguna cerdas.

Secara umum Internet adalah kumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain dalam jaringan global.

Semua perangkat yang terhubung dapat berkomunikasi satu sama lain terlepas dari batasan geografis atau geografis.

Meskipun Internet diciptakan pada tahun 1969, namun berkembang pesat, terutama antara tahun 1993 dan 1994.

Secara khusus, web, browser web, dan layanan lainnya telah berhasil dibuat/ditemukan untuk memungkinkan pengguna bertukar data dalam bentuk teks atau dokumen.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu definisi internet, beserta dampak positif dan negatif dari fungsi, sejarah, dan penggunaan internet.

Apa Itu Internet?

Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang saling berhubungan menggunakan standar protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Mengatur data agar dapat dikirim dan diterima dengan tepat.

Sederhananya, protokol TCP/IP memberikan alamat (alamat) dan ID (ID) yang unik dan berbeda untuk setiap komputer di dunia.

Dan menghindari kesalahan transmisi informasi/data saat terhubung ke internet bersama dengan semua proses lainnya.

Dalam pengertian lain, Internet adalah sarana dimana perangkat 1 dapat dihubungkan dengan perangkat lain sehingga pengguna dapat melihat, mendengar dan berbicara melalui media komunikasi yang didukung seperti komputer, ponsel pintar, atau sejenisnya.

Internet tersambung melalui jaringan serat optik yang membentang di semua dunia, apalagi lewat dasar laut.

Kamu juga bisa memakai router ataupun tower BTS Kamu sebagai pemancar tanda buat terhubung serta terhubung dari mana saja di dunia tanpa batas.

Memahami Internet dari Pakarnya

  • Menurut Harjono (2009), Internet adalah kumpulan komputer dunia yang saling berhubungan. Supaya komputer bisa saling tersambung serta berinteraksi, dibutuhkan sesuatu media buat melakukan hal itu. Alat yang dipakai bisa berupa kabel ataupun serat optik, satelit ataupun sambungan telepon.
  • Menurut Oetomo (2002), Internet adalah singkatan dari International Network, yaitu jaringan komputer yang sangat besar yang terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

kesimpulan

Pengertian Internet adalah jaringan komputer yang menggunakan protokol TCP/IP dan saling berhubungan dengan jaringan komputer lain di seluruh dunia melalui media komunikasi.

Sejarah Perkembangan Internet

Perkembangan Internet dimulai pada tahun 1969 di University of California, di mana kata “Login” diciptakan.

Proyek ini adalah tentang proses mentransfer data antara dua komputer menggunakan kode biner.

Keberhasilan proyek ini kemudian menjadi pendiri proyek pengembangan Internet awal di bawah naungan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET).

Awal mulanya, proyek ini buat kebutuhan militer semacam mengatur serangan bahaya nuklir, tingkatkan taktik militer, serta membuat manajemen dan keputusan lewat komputer.

Pada tahun 1986, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan untuk menggantikan ARPANET untuk melakukan penelitian lebih lanjut di Internet.

Pada tahun 1990, Berners-Lee dan timnya di CERN menciptakan World Wide Web, disingkat www, yang digunakan untuk menavigasi situs web.

Robert Cailliau dari Belgia membantu meningkatkan temuan Berners- Lee buat menciptakan bahasa pemrograman HTML yang membolehkan situs website.

Cailliau juga membuat aturan pertukaran hypertext HTTP yang membolehkan pengguna buat meminta serta menyambut halaman apa pun yang mereka inginkan.

Manfaat internet

Para pakar teknologi terus memajukan internet karena memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah keuntungan dari Internet.

1. Manfaat Internet dalam Dunia Bisnis

Peluang bisnis semakin terbuka untuk semua masyarakat melalui internet. Bahkan semakin banyak toko online yang memungkinkan Anda untuk menjual barang atau jasa tanpa modal.

Anda hanya perlu mengunggah gambar produk yang Anda jual dengan tips jitu di bidang pemasaran.

Toko online ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi. Sekarang, selama Anda memiliki internet, Anda dapat membeli apa pun yang Anda inginkan tanpa harus pergi ke mana pun.

2. Manfaat Internet untuk Pembelajaran

Ilmu pengetahuan di era internet menjadi semakin mudah diakses. Anda dapat mempelajari bahasa apa pun yang Anda inginkan tanpa benar-benar mengikuti kursus.

Berbagai hal bisa kamu pelajari hanya dengan smartphone, laptop, dan media sosial.

Jika Anda ingin menerima bimbingan belajar tanpa meninggalkan rumah, daftarlah untuk kelas belajar online.

3. Manfaat Internet Sebagai Hiburan

Jelas, Internet dapat digunakan untuk bisnis dan pembelajaran serta hiburan.

Ada banyak situs yang bisa Anda kunjungi untuk menonton film atau video favorit Anda, seperti YouTube dan Netflix. Kamu juga bisa terhubung dengan pengguna internet lain dari berbagai belahan dunia melalui Facebook, Instagram dan Twitter.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi game online saat Anda bosan. Game ini memungkinkan Anda untuk bermain sambil berinteraksi dengan pemain lain.

Dampak Internet

Pesatnya perkembangan dan penggunaan internet yang sangat besar tentunya membawa dampak tersendiri dari segi ekonomi, masyarakat dan budaya. Berikut adalah dampak penggunaan internet.

1. Dampak positif dari Internet

Internet memiliki beberapa manfaat positif, antara lain:

  • Internet seperti perpustakaan tanpa batas. Semua informasi yang ingin Anda dapatkan tersedia di Internet dan mudah diakses.
  • Berita terbaru, resep, informasi kesehatan, berita olahraga, dan lainnya juga disediakan. Semua hak ini ada di tangan Anda.
  • Dalam kurikulum baru ini, siswa harus dapat aktif mencari informasi terkait tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Internet sangat membantu para siswa ini untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
  • Jika Anda merasa bosan tetapi tidak bisa pergi ke tempat rekreasi atau pusat perbelanjaan, Internet dapat menyediakan berbagai hiburan untuk membantu Anda menghilangkan kebosanan.
  • Aplikasi khusus yang bisa diunduh free memungkinkan Kamu menonton film, mendengarkan musik, dan bahkan membaca novel. Untuk mendapatkan semua ini, Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Internet, terutama media sosial, dapat membantu Anda melakukan bisnis dengan lebih efektif. Bahkan, Anda tidak perlu repot menyewa toko untuk menjual dagangan Anda.
  • Cukup posting gambar produk yang Anda jual, dan konsumen akan secara otomatis mendatangi Anda.
  • Berkomunikasi seolah-olah jarak bukanlah masalah besar. Misalnya, Anda dapat mengirim email ke kerabat di luar negeri dalam hitungan detik.
  • Beberapa aplikasi mempermudah pengiriman pesan instan, seperti melakukan obrolan langsung.

2. Dampak Negatif Internet

Selain dampak positif, internet juga dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Berikut adalah dampak negatif dari internet.

  • Internet, yang mudah diakses oleh semua orang dari semua latar belakang sosial, telah menyebabkan cyberbullying.
  • Pengguna internet yang tidak bertanggung jawab dengan mudah mendiskreditkan pihak khusus tanpa mempertimbangkan akibatnya.
  • Internet tidak hanya menyediakan informasi yang bermanfaat, tetapi juga konten negatif, seperti tayangan yang menampilkan kekerasan dan pornografi. Ironisnya, hal negatif seperti ini bisa diakses oleh siapa saja, termasuk anak-anak.
  • Penipuan dan berita palsu mudah menyebar di jejaring sosial. Dan dengan adanya fitur tombol ‘bagikan’ untuk membagikan konten, berita bohong ini semakin marak.
  • Apakah Anda suka belanja online? Anda bisa menjadi korban penipuan, jadi berhati-hatilah. Hal ini terjadi karena data pribadi seseorang dapat dicuri atau dipalsukan oleh peretas.
  • elain itu, ketika Anda melakukan transaksi online, Anda tidak dapat bertemu langsung dengan penjual dan tidak dapat memeriksa kualitas produk, yang dapat menyebabkan penipuan.
  • Kecanggihan internet dapat menghipnotis siapa saja, sehingga Anda bisa lupa waktu dan menjadi antisosial. Mata Anda akan menempel pada layar ponsel Anda, terlepas dari lingkungan Anda.

Tips Menggunakan Internet dengan Cerdas

Dampak positif dari internet membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Namun, dengan menggunakan internet secara cerdas, kita juga harus mewaspadai dampak negatifnya.

  • Jangan mengungkapkan data pribadi di media sosial karena orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan data Anda.
  • Karena internet merupakan sumber pengetahuan, maka internet digunakan untuk mencari informasi intelektual sebanyak-banyaknya.
  • Orang yang Anda temui di Internet bisa jadi jahat, jadi jangan mudah memercayai mereka. Bukankah lebih baik mengantisipasi terjadinya kejahatan?
  • Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll berguna untuk mempererat silaturrahmi dan mendiskusikan hal-hal yang positif.
  • Anda sekarang dapat menggunakan layanan perbankan melalui smartphone Anda. Anda bisa mendapatkan informasi saldo dan melakukan perdagangan. Namun, penipuan dan pencurian juga harus dicegah. Anda dapat mencegahnya dengan menjaga kerahasiaan PIN ATM atau e-banking Anda.
  • Apalagi jika Anda berada di warnet (Warnet), jangan lupa untuk logout setelah login ke aplikasi atau setelah trading. Karena ada risiko disalahgunakan oleh orang lain.
  • Bahasa tulisan berbeda dengan bahasa lisan, yang terkadang bisa menyesatkan. Untuk menghindari hal ini, gunakan tata bahasa yang benar dan baik dan hindari menyesatkan orang lain.
  • Internet dikenakan biaya, jadi gunakan Internet hanya sebanyak yang Anda butuhkan. Ini akan membantu menghindari pembengkakan biaya karena penggunaan Internet yang berlebihan.

Demikianlah artikel mengenai apa itu internet yang dimulai dari pengertian penggunaan internet, fungsinya dan dampak positif serta negatif pemakaian internet untuk masyarakat.

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian internet dan dampaknya. Oleh karena itu, gunakan Internet dengan cerdas untuk kenyamanan dan keamanan Anda dan pengguna lain.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.