Pengertian Teknologi Beserta Sejarah, Manfaat, Jenis, dan Perkembangannya

AMPMORI.comPengertian teknologi beserta sejarah, manfaat, jenis, dan perkembangannya yang akan saya jelaskan di bawah ini, simak penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi?

Pengertian teknologi adalah perbedaan tujuan dan fasilitas berupa berbagai macam peralatan atau sistem yang berfungsi memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi manusia.

Teknologi adalah kata majemuk dari technologia (Yunani) techno yang berarti ‘profesionalisme’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Pada awalnya, pengertian teknologi hanya terbatas pada benda-benda berwujud seperti peralatan atau mesin.

Era perluasan makna teknologi. Ini tidak terbatas pada yang berwujud, tetapi juga mencakup yang tidak berwujud. Seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lainnya.

Pengertian Menurut Para Ahli

  • Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan.
    setiap hari. (M.Maryono).
  • Teknologi adalah keseluruhan metode yang mengarah secara rasional dan memiliki ciri efisiensi dalam segala aktivitas manusia (Jacques Ellil).
  • Keterampilan adalah penerapan ilmu perilaku dan ilmu alam serta pengetahuan lainnya secara sistematis dan sistematis untuk memecahkan masalah (Gary J. Anglin).
  • Teknologi didefinisikan sebagai entitas objek atau non-objek yang diciptakan secara sengaja terintegrasi melalui proses tindakan pemikiran untuk mencapai nilai. (Tengah)

Kesimpulan

Teknologi adalah alat, mesin, metode, proses, aktivitas, atau ide yang diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia menggunakan teknologi di berbagai bidang seperti komunikasi, pembelajaran, transportasi, bisnis, manufaktur, dan keamanan data. Definisi teknologi itu luas dan setiap orang memiliki cara yang unik untuk memahami apa artinya.

Yang jelas teknologinya tidak terbatas pada smartphone, laptop, komputer, pesawat terbang, dan kereta api. Alat sederhana seperti palu, sendok, kursi, dan botol juga merupakan bagian dari keterampilan.

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi merupakan perubahan sistematis yang terjadi pada teknologi. Selama ribuan tahun, teknologi telah dikenal manusia. Hanya saja bentuknya tidak secanggih yang kita temukan sekarang ini.

1. Masa Pra-Sejarah

Teknik yang digunakan pada masa prasejarah ini terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknik yang dikenal pada zaman prasejarah termasuk pedang, kapak, dan mangkuk perunggu.

2. Teknologi Jaman Kuno

Pada titik ini, teknologi telah maju ke arah konstruksi, kelautan, pertanian, dan alat tulis. Manusia sudah tahu bagaimana membangun gedung sampai ke tingkat yang rumit. Contohnya termasuk piramida, kapal, mercusuar dan jam matahari.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga Jaman Modern

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang digunakan saat ini, berbagai penemuan dilakukan di bidang astronomi, kedokteran, matematika, militer, kartografi, dll. Contoh panah, mesin cetak, aljabar dan kapal layar.

4. Teknologi di Era Revolusi Industri

Kemajuan teknologi saat ini sudah mulai terlihat. Berbagai jenis mesin telah berhasil diciptakan yang menggantikan tenaga manusia dengan tenaga mekanik. Periode ini merupakan pertanda kemajuan teknologi saat ini. Contohnya termasuk generasi awal mobil, telegraf, telepon, alat tenun, mesin uap dan sepeda.

5. Teknologi di Abad 20

Pada saat ini. Neil Armstrong berhasil mendarat di bulan. Teknologi di bidang lain juga berkembang pesat. Di bidang militer, bom atom diciptakan. Transistor juga ditemukan, yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil saat ini. Pada akhir abad ini, Internet mulai diperkenalkan kepada masyarakat dan perdagangan.

Contoh teknologi lain abad ke-20: lemari es, teknologi imunisasi, penyedot debu, oven microwave.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21

Pada masa ini, berbagai teknologi mulai dikembangkan. Dimulai dengan keterampilan yang diperlukan untuk rumah, pendidikan, masyarakat, dan teknologi informasi.

Jenis-Jenis Teknologi

Kemajuan dapat dilihat dari banyaknya inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi mempengaruhi beberapa bidang, antara lain:

1. Teknologi di Bidang Ekonomi

Kemajuan teknologi di bidang ekonomi merupakan salah satu bentuk perkembangan dalam sistem keuangan yang digunakan. Dimana dulu orang melakukan transaksi fisik atau fisik atau berhadapan dengan pembeli dan penjual, kini telah berpindah secara online. Selain itu, sistem keuangan juga berubah menjadi uang elektronik.

2. Teknologi Pangan

Sistem pertanian yang ada saat ini pasti berbeda dengan sistem pertanian zaman dahulu, mulai dari sistem tanam bibir, sistem tanam, teknologi tanam.

3. Teknologi Informasi

Perkembangan informasi ini ditandai dengan semakin mudahnya masyarakat mendapatkan ataupun memperoleh informasi lewat internet dengan menggunakan bermacam perangkat teknologi yang ada.

4. Teknologi Komunikasi

Apa yang terjadi dengan komunikasi ini adalah Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain bahkan pada jarak yang cukup jauh.

5. Teknologi Transportasi

Salah satu perkembangan di bidang transportasi ini adalah adanya berbagai moda transportasi modern, yang memungkinkan seseorang dengan mudah memindahkan barang atau memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain.

6. Teknologi Medis

Salah satu perkembangan dalam dunia medis merupakan ditemuinya bermacam jenis vaksin buat menghindari berbagai jenis penyakit beresiko.

7. Teknologi Pendidikan

Kemajuan teknologi bahkan dalam dunia pendidikan adalah pengembangan sistem pendidikan yang lebih baik, memungkinkan pendidik dan siswa dengan mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan.

Contoh Teknologi Terbaru di Dunia

Komputer, laptop, handphone, mesin-mesin, sepeda motor, mobil dll, dan teknologi terbaru yang tidak kita sadari sebelumnya,

  • Wigig merupakan teknologi yang diharapkan dapat menggantikan penggunaan Wi-Fi.
  • Matrix Power Watch untuk mengisi baterai dengan suhu tubuh
  • Invisible Car Mobil yang berubah warna sesuai lingkungan seperti bunglon.

Nah, itulah artikel singkat tentang pengertian teknologi seiring dengan perkembangan jaman, dan contoh-contoh teknologi terkini di Indonesia dan dunia. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.