Cara Menjaga Rantai Motor Supaya tidak Mudah Kendor dan Karatan

Cara Menjaga Rantai Motor Agar tidak Mudah Kendor dan Karatan

AMPMORI.comCara menjaga rantai motor agar tidak mudah kendor dan karatan.

Rantai sepeda motor merupakan elemen penting yang mendukung pergerakan roda yang membutuhkan perawatan untuk menjaga performa tetap normal.

Perawatan dan perawatan setiap komponen motor tidak harus dilakukan hanya pada saat servis rutin saja.

Sebaliknya, pemilik sepeda motor juga harus memahami cara merawat sepeda motornya dengan kadar yang tepat dalam upaya menjaga performa.

Tentunya di antara sekian banyak komponen penting sebuah sepeda motor, merawat rantai sepeda motor menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan oleh setiap pemilik.

Tanpa alasan, terutama pada motor transmisi manual, sistem penggerak ban adalah rantai itu sendiri.

Jadi, jika ada masalah pada rantai, roda tidak akan bergerak mengingat masalah pada rantai dan motor tidak dapat digerakkan.

Apalagi jika rantai mulai menunjukkan tanda-tanda korosi (karat) dan mulai kendor akibat intensitas penggunaan sepeda motor.

Dari sini jelas bahwa menjaga performa dan kondisi rantai sepeda motor sangat penting.

Lantas, bagaimana langkah-langkah yang benar agar rantai sepeda motor Anda tetap dalam kondisi baik? Jangan bingung teman-temanmu.

Tips Perawatan Rantai Sepeda Motor

Bagi yang ingin menjaga performa sepeda motornya, tentunya perlu selalu menjaga dan mengecek rantai dalam kondisi baik dan operasional.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kinerja rantai sepeda motor Anda.

Lumasi Gear dan Rantai Sepeda Motor

Langkah pertama yang harus benar-benar Anda lakukan adalah melumasi roda gigi dan rantai motor Anda secara teratur.

Ada alasannya, mengingat menjaga rantai sepeda motor Anda dengan pelumas setiap saat akan berdampak positif pada ketahanan rantai.

Di sini, manfaat pelumasan rantai sepeda motor ini adalah menjaga rantai dan roda gigi tetap basah.

Hal ini karena kondisi kering dan kotor dapat merusak rantai dan menyebabkan korosi dan putus. Hal ini tentu mengancam keselamatan saat berkendara.

Namun perlu diperhatikan bahwa pelumas rantai yang digunakan haruslah pelumas khusus rantai motor.

Dalam hal ini, tidak ada alasan mengingat bahwa pelumas rantai mengandung bahan kimia yang mencegah rantai cepat aus dan kotoran berlebih menumpuk.

Hal ini dikarenakan penggunaan oli bekas dapat dengan mudah merusak rantai dan menimbulkan korosi terutama akibat pelumasan oli mesin bekas.

Bersihkan Rantai dan Gear dengan Benar Secara Teratur

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran roda gigi erat kaitannya dengan rantai motor itu sendiri. Roda gigi bertanggung jawab untuk memutar roda motor yang bergerak melalui rantai, memungkinkan motor berjalan ketika gas disuplai.

Gearmotor dan rantai di sini harus selalu dijaga kebersihannya, karena memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Mengingat hal tersebut berpotensi menimbulkan debu yang menyebabkan adanya kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan.

Jika rantai ini tidak ditangani, ada risiko yang sangat tinggi untuk erosi di kemudian hari dan erosi dari waktu ke waktu.

Nah, proses atau cara membersihkan rantai sepeda motor sendiri sebenarnya tidak sulit.

Pasalnya, dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan sabun untuk melarutkan kotoran pada roda gigi. Setelah itu, rantai dan roda gigi harus dilumasi kembali.

Pastikan Posisi Gear Benar

Selain itu, proses perawatan rantai sepeda motor lainnya juga harus memastikan bahwa pemasangan roda gigi sudah benar sesuai standar atau prosedur pabrikan.

Berkenaan dengan lokasi pemasangan roda gigi itu sendiri, semua pabrikan sepeda motor harus memahami bahwa ada semacam tanda di ujung lengan penjepit roda, biasanya dalam bentuk kawat.

Soal masalah rantai ini tentunya fungsinya untuk memastikan roda motor terpasang lurus.

Pemasangan peralatan tersebut dapat diperiksa secara rutin. Apalagi setelah menggunakan sepeda motor dalam perjalanan jauh atau touring.

Ini karena pemasangan atau posisi gigi mungkin sedikit berubah tergantung pada medan atau gaya mengemudi.

Ganti Gear Jika Sudah Aus

Mengganti persneling juga merupakan bagian dari cara yang benar untuk menjaga rantai pada sepeda motor Anda.

Mengapa? Tentunya hal ini dikarenakan roda gigi sangat erat kaitannya dengan proses penggerakan roda, baik depan maupun belakang.

Jika persneling sudah aus tentunya nantinya harus segera diganti untuk memastikan performa atau performa mesin selalu prima setiap saat.

Jadi, satu hal yang perlu diulang adalah pergantian gigi secara teratur jika terjadi keausan merupakan langkah penting dalam melaksanakan serangkaian perawatan rantai sepeda motor.

Gunakan Sparepart Gear Asli

Harus diakui dan dipahami bahwa suku cadang untuk rantai sepeda motor juga memiliki dampak yang signifikan terhadap daya tahan dan kinerja.

Suku cadang asli memberikan kualitas tertinggi dan proses kinerja yang andal. Ini seperti komponen rantai sepeda motor.

Oleh karena itu, selalu ada baiknya untuk memeriksa semua komponen yang terkait atau terhubung langsung dengan rantai sepeda motor.

Ketika tiba saatnya untuk mengganti dengan yang baru, selalu gunakan produk asli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Hindari Menggunakan Oli Bekas

Selain itu, kebanyakan orang biasanya menggunakan oli yang mereka gunakan untuk melumasi rantai pada sepeda motor mereka.

Padahal, cara teknis ini salah karena sangat mempengaruhi kondisi rantai sepeda motor saat melumasinya dengan oli bekas.

Hal ini dikarenakan kondisi rantai di kemudian hari akan mudah aus dan kemungkinan akan menimbulkan karat atau korosi.

Hal ini wajar mengingat pelumas yang digunakan mengandung zat yang dapat merusak rantai motor karena ada bekas pelumas mesin di dalamnya.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk menggunakan pelumas rantai khusus untuk memastikan rantai dalam kondisi yang lebih baik di masa mendatang.

Nah, Anda pasti bisa melihat betapa pentingnya untuk selalu menjaga dan memeriksa kondisi rantai sepeda motor Anda selama berbagai fase perawatan yang disebutkan ampmori.com di atas.

Dalam hal ini, perawatan rutin pada rantai sepeda motor harus dilakukan agar tetap berfungsi setiap saat karena rantai sepeda motor dapat mengakses kinerja kritis untuk menjaga gigi tetap berputar saat roda diputar.

Teman-teman, itu hanya beberapa langkah yang sebenarnya harus Anda ambil untuk menjaga rantai sepeda motor Anda dalam kondisi prima setiap saat.

Kami berharap ulasan tentang cara atau tips perawatan rantai sepeda motor di atas menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.