Berikut 5 Pilihan Oli Motor Matic yang Paling Bagus untuk Memaksimalkan Performa Mesin

AMPMORI.comBerikut 5 pilihan oli motor matic yang paling bagus untuk memaksimalkan performa mesin.

Bingung memilih oli mesin yang bagus?

Sebagai salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, sepeda motor dituntut untuk mudah dikendarai di jalanan berbagai kota dan kota.

Dengan berkembangnya industri otomotif, banyak siklus sepeda motor. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memiliki sepeda motor, salah satunya adalah perawatannya.

Meskipun aspek ini memiliki manfaat yang sangat baik, banyak orang yang sering melupakannya.

Sepeda motor yang jarang dirawat, apalagi yang sudah tua, kemungkinan besar akan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aspek perawatan, salah satunya adalah oli mesin.

Manfaat dan kegunaan oli mesin sendiri sangat beragam, terutama untuk motor yang sering digunakan untuk beraktivitas.

Rekomendasi Oli Motor yang Bagus

1. TOP 1 Actionmatic

2. Oli motor AHM

3. Oli Motor Castrol

4. Oli Motor Evalube

5. Oli Motor Motul

Kegunaan Oli Motor

Apakah semua oli sama? Padahal, setiap kendaraan memiliki karakteristiknya masing-masing. Pasalnya, kondisi mesin dan kebutuhan setiap kendaraan tidak bisa sama untuk semua pabrikan seperti Honda, Suzuki, Yamaha atau Kawasaki.

Ada juga sertifikat untuk beberapa kebutuhan kendaraan, seperti pabrikan Jepang dengan Japan Automotive Standards Organization (JASO) yang cocok digunakan oleh sebagian besar sepeda motor di Indonesia.

Oli motor memiliki tujuan yang sangat penting karena oli pelumas diperlukan untuk menjaga agar mesin tetap berjalan dengan lancar pada motor.

Fungsi pelumas sendiri berguna untuk menjaga gesekan kasar bagian-bagian mesin dan menjaga kestabilan suhu motor.

Secara umum, oli mesin memiliki empat kegunaan: fungsi pelumasan, perlindungan, pendinginan, dan pembersihan.

Disarankan untuk mengganti oli mesin sendiri pada jarak 3.000 hingga 5.000 km atau menggunakannya selama sekitar 1 hingga 2 bulan. Selalu sesuaikan jumlah oli yang dibutuhkan menjadi 0,8 liter, 1 liter, dst.

Pilihan olinya sendiri sangat beragam. Namun, sebagai pengguna, Anda setidaknya harus tahu bahwa setiap produsen memiliki unique selling point (USP).

Saran termudah saat memilih oli adalah menggunakan produk yang andal dan berkualitas bersih. Jadi, apa rekomendasi oli motor yang bagus?

1. TOP 1 Action Matic

Banyak perusahaan yang menjual produknya di Indonesia yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan yang tersebar di Amerika Serikat, Jepang dan Jerman.

TOP 1 adalah perusahaan Amerika yang berbasis di San Mateo, California. TOP 1 Oli telah menjual produk oli mesin di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Lini produk sepeda motor otomatis memiliki banyak pilihan yang direkomendasikan. Untuk spesifikasi full synthesis bisa pilih TOP 1 Evolution Matic.

Ada beberapa jenis oli, seperti oli full sintetik, oli semi sintetik, dan oli mineral.

Oli mesin motor 1 ini sangat direkomendasikan untuk menjaga kenyamanan performa motor hingga mesin pertama kali dihidupkan.

2. Oli Motor AHM

Pabrikan sepeda motor Honda dikenal sebagai salah satu pabrikan sepeda motor tertua di Indonesia, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas produk yang mereka buat.

Untuk masalah oli, AHM juga menawarkan oli yang cukup baik yang diuntungkan dengan perlindungan menyeluruh untuk lapisan mesin.

Jadi tentunya mesin bisa mencapai performa dan daya tahan yang maksimal.

Oli motor AHM cukup murah di pasaran dengan beberapa tipe yang bisa dipilih tergantung dari tipe motornya.

Untuk oli motor AHM, Anda bisa memilih oli motor HM SPX-1, AHM SPX-2, AHM MPX-1 dan AHM MPX-2.

3. Oli Motor Castrol

Castrol adalah salah satu merek oli paling berpengalaman di dunia. Berawal di Inggris, ini adalah merek oli yang telah memasuki dunia dengan keunggulan yang mengutamakan daya tahan guna melindungi mesin sepeda motor semaksimal mungkin.

Minyak castrol sendiri sebenarnya cukup mahal, namun banyak orang yang mempercayai produk minyak dari merek dunia ini dan laris manis di pasaran.

Jenis oli yang dikenal dengan merk Castrol Power 1 Racing 4T yang diklaim dapat meningkatkan performa mesin dan melembutkan suara mesin.

4. Oli Motor Evalube

Mengikuti jejak saudaranya Honda yang sudah memiliki produk sepeda motor sendiri, Yamaha juga tidak mau ketinggalan dengan hadirnya oli motor Evalube yang sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu oli motor terbaik.

Keandalan oli motor Everuv adalah oli dengan tingkat viskositas ganda yang telah lulus uji standar API SL/JOSO MA2. – Karena mengandung bahan gesekan dan antibusa, indeks viskositasnya cukup baik. Harganya sendiri cukup murah.

5. Oli Motor Motul

Oli motor yang diproduksi di Prancis sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak pemilik sepeda motor yang mempercayakan oli motornya kepada merek Motul. Keuntungan utama oli motor Motul adalah memiliki label pelumasan berstandar internasional.

Oleh karena itu, oli motor ini juga banyak digunakan pada motor sport.

Oli motor Motul sebenarnya sedikit lebih mahal dari oli motor merek lain, namun banyak orang memilihnya karena dikenal memberikan performa mesin yang lebih baik, lebih cepat dan lebih halus.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.