Lakukan Cara Ini Setelah Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa di Kemudian Hari

AMPMORI.com – Lakukan cara ini setelah membeli mobil bekas agar tidak kecewa di kemudian hari. Kebanyakan orang saat ini masih lebih cenderung memilih mobil bekas daripada membeli yang baru.

Mengingat salah satu faktor yang mengunggulkan mobil bekas tentunya adalah harganya yang jauh lebih murah, hal ini sebenarnya wajar.

Di sisi lain, membeli mobil bekas juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang memiliki budget terbatas. Jadi dengan budget yang ada, Anda bisa memilih mobil bekas dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Namun tentunya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebagai akibat dari membeli mobil bekas.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa salah satu kerugian membeli mobil bekas adalah ada kemungkinan beberapa suku cadang atau komponen akan kedaluwarsa dan tidak layak pakai lagi.

Jika dibiarkan, ada kemungkinan akan menimbulkan gelombang yang lebih besar di kemudian hari.

Tentu saja, membeli mobil baru berbeda ketika Anda hanya membeli mobil bekas tanpa pemeriksaan mendalam mengingat situasinya benar-benar baru.

Jadi, sebagai pembeli mobil bekas, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan setelah membeli mobil bekas. Berikut ulasan lengkapnya.

Langkah – Langkah Membeli Mobil Bekas

Berbeda dengan membeli mobil baru, Anda hanya perlu langsung menggunakannya, dan ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan saat membeli mobil atau sebagai langkah perawatan setelah Anda membeli mobil kedua. Ini termasuk:

Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

Segera Ganti Oli dan Pilih Oli yang Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli mobil bekas adalah segera mengganti oli dan semua oli mesin.

Mengapa? Tentu saja, untuk memahami kondisi mesin mobil yang sebenarnya secara detail, Anda harus melalui langkah-langkah ini.

Mengingat berbagai dealer mobil selama ini cenderung nakal menggunakan spesifikasi oli yang lebih kental dari rekomendasi pabrikan, ada baiknya calon pembeli untuk test drive atau sekedar mendengarkan mesin kendaraan target. , tertipu oleh suara mesin yang lembut.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti oli dan melakukan pembilasan mesin sesegera mungkin sesuai dengan manual.

Periksa Cairan dan Ganti Jika Perlu

Selain oli, beberapa suku cadang mobil dalam keadaan cair juga perlu diperiksa.

Untuk itu, Anda harus benar-benar bisa memastikan semua oli mobil Anda memenuhi standar.

Artinya, dimulai dengan minyak rem dan cairan pendingin mesin atau coolant. Ada alasannya, mengingat tidak dapat disangkal bahwa masalah dengan dua cairan ini dapat berdampak negatif pada keselamatan dan mesin. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem cairan.

Tentu saja, verifikasi semacam ini sangat penting. Oleh karena itu, jauh lebih baik untuk mengganti semua oli, seperti oli mesin, cairan pendingin, dan minyak rem, dengan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Penggantian Filter

Selain itu, aspek lain yang harus diperhatikan adalah mengganti filter pada mobil itu sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa semua filter dalam kondisi baik. Segera ganti semua filter yang perlu diganti, seperti filter kabin, filter udara engine, filter bahan bakar (jika ada), filter oli, dll.

Pasalnya, filter di sini berperan penting sebagai filter udara yang mempengaruhi atau mempengaruhi mekanisme sistem pembakaran mesin, terutama saat hendak menghidupkan mesin mobil.

Jadi, dalam hal ini, ada baiknya juga mengganti filter mobil, sebagai tindakan perawatan sebelum mobil kedua mengalami kerusakan yang lebih parah.

Tak hanya itu, mengganti filter di sini juga secara tidak langsung merawat sistem pembakaran mobil kedua. Jadi selalu pastikan filter Anda selalu dalam kondisi baik untuk memastikan kinerja yang baik dan baik dalam segala kondisi.

Pemeriksaan Sistem Rem

Juga aspek lain yang sangat penting untuk diperiksa adalah sektor pengereman otomotif kedua.

Tentu saja dalam hal ini ada alasannya mengingat bagian yang bernama rem itu sangat besar peran dan fungsinya dalam keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, selalu ada baiknya untuk memeriksa rem Anda secara teratur. Bahkan jika Anda merasa baik setelah menggunakannya, kami sarankan Anda memeriksa dan membersihkan rem.

Nah, ketika Anda menemukan bagian rem yang benar-benar perlu diganti, jangan tunda lagi. Menunggu sampai rem benar-benar rusak justru akan merusak sistem rem sehingga tidak bisa diperbaiki.

Ini, tentu saja, seharusnya tidak terjadi. Untuk itulah Anda perlu memastikan bahwa pengereman pada motor ini benar-benar baik dan dalam kondisi normal.

Pastikan Ban dalam Kondisi Normal

Selain itu, setelah membeli mobil bekas, Anda harus memeriksa apakah ban dalam kondisi baik.

Tidak ada alasan, mengingat ban sendiri merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara.

Karena itu, Anda harus memeriksa secara mendalam apakah sudah waktunya untuk mengganti ban Anda. Jika tidak, Anda akan tahu kapan harus mengganti ban di masa depan.

Spooring dan Balancing Perlu

Sementara itu, setelah membeli mobil, ada baiknya untuk memeriksa dan memperbaiki jembatan. Ini adalah salah satu perbaikan mobil paling mahal.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari kerusakan pada kaki-kaki kendaraan. Spurring dan balancing harus segera dilakukan. Langkah ini untuk membuat kendaraan lebih nyaman digunakan.

Jadi kita perlu memastikan bahwa langkah-langkah ini merupakan bagian penting untuk menjaga kendaraan kedua yang akan kita gunakan dalam kondisi prima dan bebas dari kerusakan.

Jadi, sudah jelas bahwa ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan tentunya untuk merawat atau merawat mobil kedua Anda setelah Anda membelinya.

Yang terpenting selalu periksa oli, periksa sistem kelistrikan dan pastikan oli termasuk dalam proses spooring dan balancing. Aspek-aspek tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap mekanisme pengobatan itu sendiri.

Yaudah kita ke sini dulu, ampmori.com sangat berharap ulasan langkah-langkah tentang pembelian mobil bekas di atas dapat menjadi tips yang bermanfaat untuk Anda semua.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.