Cara Tune Up atau Servis Mobil yang Mudah, Kamu Bisa Melakukannya di Rumah Sendiri

AMPMORI.com – Cara tune up atau servis mobil yang mudah, kamu bisa melakukannya di rumah sendiri tanpa harus pergi ke bengkel jika anda mempunya waktu luang.

Servis atau tune up secara berkala dan berkala merupakan kegiatan penting yang dilakukan oleh pemilik kendaraan, termasuk kendaraan berupa mobil.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa layanan bengkel pasti membutuhkan waktu luang. Ini jelas merupakan masalah bagi pemilik mobil yang sibuk.

Servis berkala diperlukan untuk mencegah kerusakan atau masalah yang sebenarnya.

Tapi jangan bingung. Salah satu langkah terbaik yang dapat Anda ambil adalah tune up mobil Anda secara mandiri.

Cara tune up mobil sendiri bisa dibilang sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Jadi tidak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan kapan saja.

Ini tentu tip yang berguna bagi Anda yang tidak punya waktu untuk membawa mobil Anda ke bengkel untuk servis rutin atau tune-up.

Namun satu poin penting tentu saja ada beberapa langkah  yang diterapkan bagaimana Anda tune up mobil sendiri di rumah nanti.

Mengapa Mobil Perlu di Tune Up

Tune-up adalah tahapan di mana Anda dapat memaksimalkan performa mesin mobil Anda dengan mengembalikan kondisi semua bagian dan sistem kendaraan Anda seperti semula.

Apa Saja yang Harus di Tune Up?

1. Siapkan peralatan penting

2. Memeriksa dan membersihkan filter udara

3. Periksa komponen pengapian

4. Stel idle dan pengapian

5. Periksa kondisi aki mobil

6. Bersihkan intake manifold

7. Periksa cairan radiator

Cara Tune Up Mobil Sendiri

Berikut adalah aplikasi tentang cara tune up mobil sendiri yang dapat Anda lakukan di rumah. Salah satunya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Siapkan peralatan penting

Hal pertama untuk menerapkan cara tune up mobil sendiri di rumah adalah dengan menyiapkan beberapa alat sendiri.

Peralatan yang harus Anda miliki termasuk kunci ring, amplas, pel (bisa berupa pel chamois atau polos), kunci pas, obeng plus dan minus, uji kompresi, pengukur celah atau pengukur feeler, dan indikator waktu.

Jika Anda belum siap, setidaknya siapkan beberapa alat yang mudah ditemukan dan murah sebelumnya.

Atau, Anda bisa meminjam teman yang memiliki alat persiapan tuning mobil yang disebutkan di atas.

Ketika Anda siap, Anda dapat mengajukan permohonan perawatan swalayan.

Memeriksa dan membersihkan filter udara

Selanjutnya, langkah pertama dalam cara tune up mobil sendiri adalah dengan memeriksa atau membersihkan komponen filter udara mobil.

Komponen ini paling mudah dibongkar dan didinginkan lebih cepat dibandingkan komponen mesin lainnya saat mesin mobil dihidupkan.

Oleh karena itu, filter udara merupakan komponen pertama yang harus diperiksa dan dibersihkan.

Nah, untuk membersihkannya, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan air sabun dari cairan pencuci piring. Bilas hingga kandungan sabun hilang.

Kemudian, jika filter udara mobil Anda terbuat dari busa, diamkan hingga filter benar-benar kering.

Namun, jika komponen ini terbuat dari pelumas, menggantinya dengan filter baru adalah satu-satunya pilihan terbaik.

Periksa komponen pengapian

Kemudian, bagian penting yang harus diperiksa dalam tahap tune up mobil itu sendiri adalah bagian sistem pengapian.

Beberapa komponen sistem pengapian antara lain kabel busi, busi, dan tutup distributor. Sebaiknya periksa dulu kabel busi dan pastikan tidak ada kabel yang rusak atau sobek.

Selanjutnya, periksa kebersihan busi dan celah antar elektroda. Kemudian periksa kondisi tutup distributor saat mesin dalam keadaan dingin.

Pengecekan ini tentunya dilakukan secara berurutan, sehingga memudahkan dalam melakukan perawatan pada sistem pengapian mobil nantinya.

Stel idle dan pengapian

Cara tune up mobil sendiri di rumah, Anda juga perlu menyetelnya dengan mengatur idling dan pengapian.

Metodenya sendiri sangat sederhana. Ini karena Anda hanya perlu memutar bagian splitter bersamaan saat mobil berjalan.

Kemudian putar pembagi sampai Anda mendengar raungan mesin yang lebih lembut dengan kekuatan penuh.

Pada saat ini, jangan lupa untuk memeriksa apakah putaran mesin berada pada posisi tuning stop. Artinya kondisi setelah mesin tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, menghindari konsumsi bahan bakar yang boros.

Periksa kondisi aki mobil

Di satu sisi, cara tune up mobil sendiri adalah dengan mengecek atau mengecek kondisi aki mobil.

Aki mobil kering lebih mudah dirawat daripada aki basah.

Jika mobil Anda menggunakan baterai, Anda hanya perlu memastikan bahwa air atau cairan baterai tidak pada batas terendah.

Jangan lupa untuk membersihkan aki mobil yang kering secara ekstrim menggunakan air hangat. Kemudian diseka dengan amplas halus untuk menghilangkan karat dan memungkinkan aliran arus yang lebih baik.

Bersihkan intake manifold

Lain kali Anda menerapkan cara tune up mobil sendiri di rumah, jangan lupa untuk membersihkan intake manifold.

Triknya, pertama-tama Anda perlu membuka intake manifold dan memeriksa throttle apakah ada kotoran.

Jika terdapat debu maka harus dibersihkan dengan menyemprotkan cairan khusus yang tidak menyumbat catalytic converter, dan ini dilakukan pada saat mesin hidup pada putaran 2.500 rpm.

Untuk membersihkan ruang bakar mobil Anda, Anda harus melakukan langkah-langkah penyesuaian ini. Oleh karena itu, performa mesin mobil jauh lebih optimal saat mesin menyala.

Periksa cairan radiator

Juga, jangan lupa bahwa salah satu bagian terpenting yang harus diperiksa saat menerapkan tune-up mobil saja adalah radiator.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu memeriksa kondisi cairan radiator. Jika di bawah batas terendah, tiriskan semua cairan radiator lalu ganti dengan cairan pendingin baru.

Gunakan cairan pendingin khusus untuk radiator mobil. Jangan menggunakan air sumur karena dapat menyebabkan proses kimia berupa korosi yang akan menyumbat tangki radiator.

Apa kabar kalian? Apakah sudah cukup jelas bagaimana saya menjelaskan cara tune up mobil sendiri di rumah?

Nah, agar bisa menerapkan proses tune up pada mobil seperti di atas, coba lakukan perawatan terlebih dahulu.

Dengan kata lain, periksa dan proses bagian-bagian yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Ini seperti memeriksa busi, sistem pengapian dan radiator.

Tapi jika komponen lain terasa berat, bisa cek ke bengkel. Hal ini dilakukan untuk menghindari gejala atau masalah yang tidak diinginkan akibat misalignment.

Oleh karena itu, penerapan tune up mobil stand-alone di atas, terlebih dahulu harus memahami bagian-bagian mesin mobil sebelum mengaplikasikannya sendiri.

Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Mari bertemu lagi dengan tema mobil lain dari ampmori.com. Semoga beruntung.

Dapatkan update artikel terbaru setiap hari dari ampmori.com. Mari bergabung di Channel Telegram ‘Ampm Ori‘, caranya klik link https://t.me/ampmori, kemudian Subscribe. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.